Apa Sih Menstruasi Itu? Yu, Cari Tau..

Menstruasi dan perempuan adalah dua hal yang tidak terpisahkan, Setiap perempuan pastinya akrab dengan menstruasi atau haid, termasuk sista pastinya, tapi sista tau ga? apa sih menstruasi itu?

Menstruasi

Menstruasi adalah peristiwa normal yang terjadi setiap bulan dan dialami oleh perempuan dari usia remaja dan berakhir dengan peristiwa menopause. Menstruasi atau haid sendiri adalah sebuah proses peluruhan dinding rahim yang keluar melalui vagina dan disertai dengan darah, dan terjadi rata-rata sekitar 5 sampai 7 hari.

Gambar Menstruasi

Setiap perempuan yang memasuki masa pubertas dipastikan akan mengalami menstruasi, karena proses tersebut adalah proses yang penting untuk mempersiapkan kemampuan reproduksi dan menandakan bahwa rahim dalam perempuan tersebut telah memasuki masa siap untuk dibuahi.

Siklus Menstruasi

Walaupun tidak sama pada setiap perempuan, namun rata-rata perempuan mempunyai siklus menstruasi selama 25 hari, dan ada pula yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur.

Umumnya pada perempuan yang baru mengalami beberapa kali menstruasi, siklus haid nya akan kurang teratur namun lambat laun akan menjadi lebih teratur seiring waktu, walau ada pula yang tetap mempunyai siklus haid kurang teratur yang nantinya akan berpengaruh pada masa subur dan tingkat kesuburan.

Gangguan Umum Saat Menstruasi

Ada beberapa gangguan umum yang dialami oleh perempuan saat haid atau datang bulan, diantaranya adalah
  • Kram perut
  • Rasa sakit di bagian payudara dan atau perut bagian bawah
  • Demam
  • Jerawa yang tiba-tiba muncul di wajah,
  • dan gangguan emosional
Semua gejala di atas adalah gejala saat sebelum dan di masa haid yang umum, dan untuk tips-tips mengatasinya bisa sista telusuri di weblog tamu bulanan, sahabat sista di masa menstruasi.
Reserved for ads

Artikel Lainnya ;

Memuat...