Inilah Kenapa Terasa Nyeri Saat Menstruasi

Nyeri saat menstruasi atau rasa nyeri yang terasa di perut bagian bawah adalah salah satu gangguan di masa menstruasi yang dirasakan mengganggu oleh setiap perempuan. Sebenarnya, kenapa sih selalu terasa nyeri saat menstruasi ?

Nyeri Saat Menstruasi


Gambar Nyeri Saat Menstruasi

Rasa nyeri yang dirasakan oleh setiap perempuan bervariasi, namun diperkirakan sekitar 15% perempuan di seluruh dunia merasakan rasa nyeri yang hebat saat menstruasi.

Dismenore atau rasa nyeri saat haid sendiri umumnya terasa di perut bagian bawah, namun bisa juga menjalar hingga ke punggung dan tungkai yang terasa seperti kram.

Umumnya, nyeri haid mulai terasa sesaat sebelum dan atau selama haid yang kemudian berkurang dan menghilang setelah 2 hari.

Selain rasa nyeri atau kram, dismenore dapat juga disertai dengan sakit kepala, sembelit atau diare, mual dan kadang sampai memicu muntah.

Nyeri Saat Haid

Rasa nyeri yang dirasakan oleh perempuan saat haid sendiri bervariasi. Perbedaan tingkat rasa nyeri yang dirasakan saat menstruasi tersebut dipengaruhi oleh kadar prostaglandin, semakin tinggi kadar prostaglandin nya maka akan semakin terasa tinggi nyeri yang dirasakan.

Untuk nyeri yang disertai dengan mual dan muntah bisa diatasi dengan pemberian obat anti mual, sedangkan rasa nyeri nya sendiri bisa dikurangi dengan cukup istirahat.

Jika nyeri haid dirasakan mengganggu, untuk mengatasinya bisa menggunakan pil KB berdosis rendah atau pemberian medroxiprogesteron,namun harus atas pertimbangan medis dengan tujuan untuk mengurangi pembentukan prostaglandin.

Pada gangguan rasa nyeri yang hebat, dapat dilakukan pemeriksaan tambahan seperti laparoskopi, maupun pemanasan lapisan rahim atau ablasio endometrium untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.
Reserved for ads

Artikel Lainnya ;

Memuat...