Fakta Mengenai Siklus Haid Tidak Teratur

Siklus haid idealnya berlangsung teratur setiap bulannya dengan rentang waktu sekitar 21 hingga 35 hari di tiap periodenya. Namun hal tersebut faktanya tidak terjadi pada semua perempuan, tentunya ada banyak perempuan, bisa jadi termasuk anda, yang memiliki siklus haid tidak teratur

Siklus Haid Tidak Teratur 

Siklus Haid Tidak Teratur

Siklus haid memiliki hubungan yang erat dengan kesehatan dan kemampuan reproduksi, termasuk berhubungan dengan masa produksi sel telur, itulah mengapa gangguan pada siklus haid seringkali dikaitkan dengan gangguan kesuburan.

Contoh dari siklus haid tidak teratur sendiri adalah jika anda mengalami siklus haid yang berbeda setiap bulannya, bisa jadi lebih pendek ataupun lebih panjang (lebih lama)

Baik siklus pendek maupun siklus panjang yang berada diluar batas masa siklus haid normal bisa jadi menunjukan masalah dalam sistem reproduksi, dengan siklus haid lebih pendek maka kemungkinan pembentukan sel telur berkualitas dimungkinkan berkurang, atau sel telur tidak cukup matang.

Sedangkan siklus haid yang terlalu lama erat kaitannya dengan kurang baiknya produksi sel telur.

Ada banyak kemungkinan penyebab dari siklus haid yang tidak teratur, diantaranya adalah,
  1. Gangguan pada fungsi hormon
  2. Kelainan sistemik pada tubuh
  3. Stress
  4. Gangguan metabolisme tubuh, dan
  5. Gangguan kesehatan, seperti diabetes, hipertiroid, maupun hipotiroid.
Untuk mengetahui penyebabnya secara pasti dibutuhkan pemeriksaan secara medis.
Baca juga, tips melancarkan haid dengan kunyit serta cara mengatasi menstruasi tidak teratur

Jangan sepelekan gangguan siklus haid seperti siklus haid tidak teratur karena bisa saja berakibat pada gangguan kemampuan tubuh untuk ber-reproduksi atau dengan kata lain menyulitkan anda untuk dapat hamil. Sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter jika anda mengalami masalah dengan siklus haid untuk mendeteksi penyebab serta menemukan solusi penanganan yang tepat.

wdcfawqafwef