Inilah Yang Harus Anda Ketahui Tentang Menstruasi

Sebagai seorang perempuan pastinya anda pernah mengalami menstruasi bukan? atau, menstruasi yang saat ini anda alami merupakan pengalaman menstruasi pertama anda ?

Tidak usah khawatir, menstruasi atau haid atau dikenal juga dengan istilah datang bulan, merupakan hal lumrah yang akan pasti dialami oleh setiap perempuan yang menandakan kesiapan organ reproduksi didalam tubuh perempuan tersebut.

Artinya, jika terjadi pembuahan sel telur di dalam rahim perempuan yang sudah mengalamui menstruasi, maka kehamilan akan sangat mungkin terjadi.

Proses Menstruasi

Menstruasi

Proses menstruasi yang dialami oleh perempuan setiap bulan kecuali di masa hamil dan menopause merupakan proses yang terjadi akibat perubahan pengaruh kadar hormon di dalam tubuh yang terjadi secara berkala dengan waktu proses yang sangat mungkin berbeda pada setiap orang, itulah sebabnya lama siklus menstruasi pada setiap perempuan sangat mungkin bervariasi.

Ada yang memiliki siklus menstruasi pendek, yaitu sekitar 21 hari. Dan ada juga yang memiliki siklus menstruasi panjang, dengan rata-rata sekitar 30 hari atau lebih..

Penjelasannya, silahkan anda baca fakta penyebab tidak teraturnya siklus haid

Bukan hanya siklus atau waktu dari satu menstruasi ke menstruasi berikutnya yang sangat mungkin berbeda, waktu atau lamanya menstruasi sendiri sangat mungkin bervariasi pada setiap perempuan dengan rata-rata waktu lama menstruasi sekitar 7 hari.

Waspadai Infeksi Pada Masa Haid

Pada masa haid, terjadi peluruhan pada dinding rahim yang keluar bersama dengan darah dengan jumlah darah yang keluar rata-rata sekitar 35 ml per hari nya.

Penting untuk anda ketahui, pada masa menstruasi, organ reproduksi perempuan sangat rentan mengalami infeksi ataupun gangguan gangguan lain.

Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan kebersihan di sekitar area intim dengan lebih baik di masa menstruasi.

Selain menjaga kebersihan, pastikan pembalut yang anda gunakan memiliki daya serap yang baik terutama pada saat anda tidur dan beraktivitas, serta memungkinkan terjadinya siklus udara yang baik agar area V tidak menjadi terlalu basah dan lembab.

Lebih lengkapnya, silahkan anda baca tips memilih pembalut saat haid

Sebagai penutup, sebaiknya pastikan juga untuk mengganti pembalut yang anda gunakan sedikitnya 2 kali dalam satu hari, agar pembalut yang anda gunakan pada saat menstruasi tersebut lebih maksimal saat menyerap darah haid.

wdcfawqafwef